Selasa, 02 Oktober 2012

Cara Mengatasi Motor Yang Mati Mendadak

Cara Mengatasi Motor Yang Mati Mendadak Ketika motor anda mati menddak anda tidak perlu panik,kita harus tenang dalam mengatasi hal ini karna jika kita panik kita akan kehilangan kontretasi dalam mengatasi motor kita. Untuk mengatasi hal ini, ikuti langkah berikut. Cara Mengatasi BagianPerbensinan Apabila pada bagian ini terjadi kekotoran maka aliran bensin akan tersumbat, juga bensin yang terdapat campuran baik air atau minyak tanah, hal ini akan menyebabkan kematian mendadak pada mesin karna gas yang diperlukan tidak sesuai lagi. Pada motor yang ada saringan bensinnya sebaiknya dipasang selalu dibersihkan pada saringan bensinnya. untuk motor yang tidak ada saringan bensinnya sebaiknya dipasang saringan bensin, karna bisa menyaring kotoran yang masuk. Platina Atau CDI 1. Platina
Platina banyak digunakan pada motor honda, ini tergantung pada piringan platina ayau setelan nafhur. Platina yang kotor /jarak renggangnya terlalu rapat akan berpengaruh pada mesin, maka platina harus bersih dan untuk membersihkannya dapat menggunakan kertas amplas yang halus. Juga jarak renggang platina antara 1-1 1/2 mm. untuk merengangkan platina tidak boleh merenggankan platina tersebut tidak boleh mengetuk karna mengakibatkan ketidak rataan yang mengakibatkan keluarnya bunga api ke busi tidak sebesar bunga api yang ujung platinanya rata, hal ini akan membuat ketidak setabilan motor. 2. CDI
CDI ini telah banyak digunakan segala motor karna dengan adanya CDI akan mempermudah mengatasinya, cukup tinggal mengganti CDInya saja apabila terjadi kerusakan pada CDI. "Caburator"
ini sangat beguna sekali, dalam proses percampuran gas dengan udara, maka dari itu kaburator harus bersih dari kotoran. Juga setelan pada pelampung harus tepat karena akan mengakibatkan motor susah hidup apabila terlalu banyak bensin (banjir). "Coil/Coil Ignition dan kondesor "
Pada motor honda atau apabila coilnya panas mesin tidak dapat hidup, karena aliran setrumnya yang dari accu tidak di teruskan kebusi melainkan habis terhisap oleh coil. maka coil demikian harus diganti dengan yang baru.
"Condensator atau condersor" ini tergantung dengan coil yang letaknya berada ditengah antara coil dan platina. gunanya untuk menerima setrum yang diloncatkan platina dan diubah oleh condersor untuk memenuhi kebutuhan mesin yang melalui perantara coil. Tanda tanda I yang rusak ialah pada platinanya sering kotor, waktu dihidupkan terjadi ledakan di kenalpot. Untuk itu kondersornya harus diganti. "Busi"
Untuk mengetahui kerusakan pada alat ini ialah dengan jalan melepas busi dari tenpatnya, kemudian dites apakah bunga api yang keluar dari coil. apabila bunga api keluarnya tepat ditengah pada ujung busi maka busi itu masih baik. "Battery/accu"
Untuk jenis motor honda accu harus dalam keadaan baik karena accu di gunakan untuk menentukan hidupnya mesin. Biasanya accu bergabung pada sekring apabila tidak ada aliran setrom, maka periksalah sekringnya. Karena mengganti aliran setrom yang langsung biasa di gunakan sekring. Untuk pengisiannya diperlukan wireharnos (kiprok) yang baik. karena kiprok yang rusak langsung berpengaruh pada battery/accu. Untuk memeriksa dapat menggunakan dengan cara melepas kabel. yang apinya yang keluar dari ac generator. Kemudian lakukan kembali api keluar dari kiproknya. Apabila stromnya keluar dengan baik, terus lakukan pemeriksaan pada accunya yang kemungkinan accu tidak menyimpan setrom. Dan apabila setrom di accunya terpakai maka akan habis karena tidak ada pengisian lagi. SEMOGA BERMANFAAT.

1 komentar:

  1. Maap bang klo rante keteng nya kendor ngaruh apa nggak bang.?

    BalasHapus