Senin, 22 Oktober 2012

Tips mencari terminal S C R pada kompresor

Tips mencari terminal S C R pada kompresor
Pada kompresor AC terdiri dari dua bagian utama yaitu STATOR dan ROTOR, Bagian STATOR adalah bagian yang diam(tidak berputar) yang terdiri dari sejumlah lillitan/gulungan kawat tembaga yang membentuk kumparan. Pada kumparan Stator terdapat dua lilitan yaitu lilitan primer dan lilitan sekunder. Perbedaan lilitan primer dan lilitan sekunder adalah: pada lilitan primer ini memiliki diameter kawat yang lebih besar dan jumlah lilitannya sedikit, selanjutnya di sebut sebagai R (running), sedangkan lilitan sekunder memiliki diameter kawat lebih kecil dengan jumlah lilitan yang banyak, dan disebut sebagai S (starting), dan terminal penghubung di sebut sebagai C (common). di antara kedua lilitan itu manakah yang paling besar tahanannya..?tentunya lilitan sekunder karena yang mempunyai lilitan lebih banyak, tahanannya akan bernilai besar. Bagian ROTOR adalah bagian yang bergerak / berputar yang terdiri dari kumpulan plat logam yang membentuk slinder dan di bagian tengahnya terdapat AS untuk menggerakan komponen kompresor.
Pada unit kompresor biasanya terdapat 3 buah terminal yaitu:
1. Starting
2. Common
3. Running
untuk mengetahui letak ketiganya sangat mudah karena pada tutup terminal kompresor biasanya tertulis kode SCR, tetapi tidak semuanya unit kompresor di beri kode SCR ada juga yang belum di kasih kode *operator nya lupa kasih kode* dan di tabung kompresor di label WARNING kira-kira begini bunyinya "Pastikan dengan benar letak terminal SCR sebelum memasang kompresor", karena bila salah dalam memasang socket pada terminal SCR mengakibatkan putaran motor kompresor menjadi terbalik dan dapat membuat kompresor macet/rusak *walahhh kompresor baru matii gara2 hal kecil doankk* Jika pada penutup kompresor tidak terdapat kode Terminal SCR terpaksa ente harus mencarinya sendiri, Naah ini ada Sedikit tips ringan dari ane untuk mencari letak Terminal SCR pada kompresor mudah-mudahan bisa membantu nihh.
1. Siapkan alat ukur Multi tester atau tang ampere (beserta pin pengukurnya)
2. Atur skala tang ampere atau multi tester pada skala x 10 Ω.
3. Buat sketsa segitiga, anggap saja Terminal SCR adalah titik X,Y,Z, ini dilakukan karena kita belum tahu pasti titik S,C,R secara pasti
4. Ukur tahanan atau resistansi antara terminal X,Y dan Z., Ukurlah resistansi antara (X-Y),(X-Z) dan (Y-Z), kemudian catat nilai resistansinya misalnya Nilai nya X-Y 50Ω, X-Z 10Ω, Y-Z 60Ω hasil tahanan terbesar adalah kombinasi lilitan primer dan lilitan sekunder, dan Tahanan terkecil merupakan kombinasi lilitan primer dan terminal penghubung. - Garis Y-Z adalah tahanan terbesar, dan dapat dipastikan titik X adalah terminal penghubung yaitu C(Common) - Garis X-Z adalah tahanan terkecil, dan dapat dipastikan titik Y adalah terminal sekunder yaitu S(Starting) dan titik Z terminal utama yaitu R (running) Titik X = terminal C (common), Y = terminal S (starting) dan Z = terminal R (running) Terminal SCR pada kompresor sudah ditemukan sekarang tinggal menyambung socket yang terhubung ke Aliran listrik guna menghidupkan Compressor AC dan memastikan unit compressor AC yang baru di beli dalam kondisi bagus sebelum terpasang pada kondensor AC karena bila sudah terpasang/di las pada kondensor dan ternyata kompresor baru itu kondisinya tidak bagus maka kita tidak dapat menukarnya kembali ke toko. SEMOGA BERMANFAAT...

Minggu, 21 Oktober 2012

Masalah AC Mobil dan Solusinya

Masalah AC Mobil dan Solusinya
Cara Kerja Ac Mobil
Langkah pertama untuk memahami cara kerja ac mobil atau ac rumah adalah anda harus memahami masalah hubungan pressure and temperature dalam bahasa paman zak hubungan suhu dan tekanan, karena pada dasarnya cara kerja ac adalah simulasi hubungan antara suhu dan tekanan bahan pendingin didalam pipa /selang yang dihubungkan secara seri.antara satu alat dengan alat yang lainnya. contoh yang paling mantap adalah hubungan suhu udara dengan tekanan atmospher seperti contoh gambar dibawah ini :
sekarang sudah terbayang jika kita ada di puncak mount everest diatas ketinggian 8,8 km diatas permukaan laut. suhu dapat mencapai minus 40 derajat celcius tekanan udara rendah. alias kurang oksigen dibandingkan dengan kota tangerang suhu dapat mencapai 35 derajat celcius tapi anda dapat bernapas lega udara dapat dihirup secara gratis.
contoh hubungan antara suhu dan tekanan yang juga mantap seperti dibawah ini
akhirnya oleh para ahli fisika, kimia dan ahli mekanik diciptakan sebuah alat mesin pendingin dan bahan pendingin /Refrigerant seperti R-12, R-22 R-134a dll yang memanfaatkan perubahan suhu dan tekanan bahan pendingin tersebut untuk kepentingan umat manusia. zat-zat bahan pendingin tersebut harus aman, tidak berbau, tidak meledak, tidak beracun.
Hubungan suhu dan tekanan
R134 & R12 yang biasa dipakai di mobil
Cara kerja ac mobil Dalam diagram dibawah ini dapat saya uraikan sebagai berikut :
ketika anda menekan tombol ac di dasbor mobil anda dalam keadaan mesin mobil hidup, maka arus listrik positip langsung meluncur ke kopling kompresor / magnetic clutch karena ada arus listrik maka kopling kompresor berubah menjadi magnet dan menekan kompresor dan ahirnya kompresor bergerak, katup hisap mengisap pada jalur pipa area biru seperti pada gambar
Magnetic clutch
Diagram Ac Mobil
hasil hisapan piston kompresor bahan pendingin kemudian ditekan, bahan pendingin merubah suhunya menjadi panas akibat tekanan piston, kemudian bahan pendingin/freon masuk ke condensor untuk didinginkan agar merubah wujud dari vapor/gas menjadi cairan selanjutnya gas sudah merubah wujud menjadi cairan masuk ke dryer/saringan agar jangan sampai ada kotoran/gram, karena gas cairan bahan pendingin akan masuk ke area yang sangat kecil/sempit yaitu keran ekspansi.
selanjutnya cairan bahan pendingin masuk keran ekspansi untuk masuk ke area evaporator karena lubungnya teramat kecil, sementara kompresor terus mengisap area evaporator / area warna biru tekanannya menjadi rendah ketika sebagian kecil bahan pendingin dapat menerobos lubang keran ekspansi maka tekan area biru bahan pendingin berkisar 25 s/d 35 PSi inilah yang didesain oleh para ahli pembuat ac. kita lihat tabel tekanan R134a 25-35 psi adalah 29 s/d 40 derajat F dingin, sedangkan tekanan area merah 135 s/d 155 psi suhunya 105 s/d 115 F hangat.
akibatnya evaporator menjadi dingin akibat dari bahan pendingin menguap pada tekanan 25-35 psi, sesuai dengan desain.
selanjutnya blower meniupkan angin melewati evaporator yang sudah dingin, akibatnya udara yang keluar didasbor menjadi dingin sesuai dengan yang diharapkan.
cara kerja kompresor tipe piston
Tip membeli kompresor bekas ex singapura : tekan katup buang/tekan oleh ibu jari tangan kiri anda, sementara tangan kanan anda memutar magnetic clutch 3-5 kali putaran, kemudian rasakan apakah ada tekanan angin pada ibu jari tangan anda jika ada pertanda kompresor masih bagus. jika tesnya melalui katup hisap, 3-5 kali putaran tangan anda merasa tersedot pertanda kompresor masih sangt bagus.
Bentuk Condenser
condensor berfungsi untuk merubah freon dalam wujud gas dirubah menjadi bentuk cairan, condensor umumnya terbuat dari pipa bahan almunium atau tembaga jika ditarik lurus pipa kondensor panjangnya dapat mencapai 12-14 meter.
drier berfungsi untuk menyaring kotoran agar bahan pendingin bersih dari kotoran-kotoran gram pertikel besi ataupun yang lainnya dan juga berfungsi untuk melihat apakah freon sudah menjadi cairan dan juga berfungsi untuk melihat apakah freon sudah full ketika freon diisikan kedalam sistem , ciri tes drier masih bagus atau buruk/jelek adalah cukup ditiup oleh tekanan mulut kita, jika tiupan terasa enteng maka drier masih cukup bagus untuk digunakan kembali.
expansion valve - keran ekspansi berfungsi untuk mengatur seberapa banyak freon yang masuk kedalam evaporator dan secara otomatis.
evaporator berfungsi sebagai tempat menguapnya cairan bahan pendingin sesuai dengan yang didesain tekanan freon antara 25 - 35 psi lihat tabel suhunya 29-40 derajat fahrenheit
Blower dan evaporator dalam satu unit
blower berfungsi untuk meniupkan udara dingin yang dihasilkan oleh evaporator ke ruang kabin kendaraan Thermostat
Fungsi thermostat adalah pengatur suhu seberapa besar suhu yang diinginkan, umum ada dua konektor satu terhubung ke magnetic clutch kompresor yang satu lagi terhubung ke tombol dasbor ke jalur listrik positip atau ke relay sesuai dengan desain mobil. cara kerjanya jika suhu di evaporator yang diinginkan sudah tercapai maka themostat akan memutuskan arus listrik, maka compressor berhenti istirahat. erputar. maka proses pendinginan terhenti. ketika suhu evaporator dinginnya mulai berkurang, maka arus listrik terhubung kembali. dan kompresor berputar kembali.
Termometer untuk mengukur suhu udara angin blower
Bahan Pendingin R-134a
Manifold gauge berfungsi untuk memasukan bahan pendingin, mengukur tekanan jalur pipa tekanan rendah dan jalur pipa tekanan tinggi, dan juga berfungsi untuk mendiagnosis masalah/causes ac mobil. harga satu set manifold gauge relatip murah 75 ribu s/d 150 ribu, saya saran kan belinya di toko alat alat ac rumah harga lebih murah.
Masalah Ac Mobil dan Solusinya
Masalah ac mobil kurang dingin
Berikut ini saya uraikan cara mendiagnosis masalah ac mobil, jika ac mobil anda dalam masalah. Melalui metode pengukuran tekanan sisi bagian rendah dan sisi bagian tinggi , maka dengan mudah menditeksi penyebab masalah ac mobil anda.
cara diagnosis kerusakan ac mobil
sebaiknya mobil jangan dihidupkan dahulu.!
langkah pertama hubungkan selang gauge tekanan rendah pentil low pressure service value dan selang yang satu ke pentil high pressure service value pastikan gas freon tidak ada yang keluar dari pentil service. tekanan sisi rendah dan sisi tinggi relatip sama. Langkah kedua hidupkan mobil kontak ac hidupkan dalam keadaan langsam. atau posisi mesin pada RPM 2000. lihat tekanan sisi rendah dan sisi tinggi amati. seberapa besar tekanannya Standar Operasi Normal Ac mobil dingin mantap low side 25-35 psi High side 135-155 Psi
Sebagai panduan untuk menditeksi masalah ac mobil anda Tabel dibawah ini bisa dijadikan panduan
Kemungkinan alat yang rusak Ambient Temperature Skala ° F Low side Gauge Psi High side gauge Psi Compressor 90 50 120 Condenser 95 55 300 Drier 100 5 305 Keran Ekspansi 95 2 170 Keran ekspansi 95 55 160 Thermostat 97 10 205 Thermostat 98 60 210
Masalah AC mobil Tidak Dingin Dalam kasus ini biasanya yang keluar dari blower hanya angin saja dinginnya sama sekali tidak ada, maka yang harus dilakukan ada beberapa langkah pengecekan :
periksa fan belt
cek magnetic clutch
cek sensor tekanan
periksa sekering ac
periksa relay ac
periksa bahan pendingin
langkah pertama hidupkan mobil dan sistem ac dalam keadaan on, periksa drive belt apakah berputar, jika berputar selanjutnya cek magnetic clutch apakah ikut berputar, jika tidak berputar dapat dipastikan magnet tidak menerima arus listrik
langkah 2 selanjutnya cek sensor tekanan
coba hubungkan dua kutub sensor tekanan dengan menggunakan kabel pendek jika magnetic clutch berputar dapat dipastikan penyebab kerusakan adalah sensor tekanan dalam keadaan ac normal tanpa sensor dapat ac mobil dapat digunakan.
jika magnetic clutch tetap tidak berputar selajutnya test arus listrik, ambil tespen periksa 2 kutub sensor tekanan, jika tespen tidak menyala dapat dipastikan kerusakannya pada area relay atau sekering, lokasi sekering a/c atau relay biasanya ada dibawah dasbor.didekat area mesin biasanya kotak sekering maupun relay tertulis A/C
jika semua sistem kelistrikan sudah ok namun ac tidak dingin :
ada dua kemungkinan penyebabnya
bahan pendingin habis coba cek pentil untuk memasukan bahan pendingin ,ditekan pakai paku atau obeng plus jika bahan pendingin masih ada, selanjutnya lakukan langkah matikan mesin : tes magnetic clutch lepas soket hubungkan dengan kabel 1 meter kemudian langsung jumper ke terminal positip aki jika tidak terdengan bunyi : trek2 dapat dipastikan magnetnya rusak SEMOGA BERMANFAAT...

Jumat, 19 Oktober 2012

Overload Motor Protector

Overload Motor Protector
Pada Bagian bagian AC yang terdapat di OutDoor unit yaitu Overload AC, Overload Motor Protector pada AC ini merupakan alat pengaman kompresor, yang berfungsi memutus arus yang mengalir ke kompresor pada saat kompresor mengalami panas. Cara kerja Overload ini di kendalikan oleh sensor panas yang terbuat dari campuran bahan logam dan bahan non logam (bimetal). Batang Bimetal inilah yang membuka dan menutup arus listrik secara otomatis ke motor listrik (kompresor). Ketika bi,metal ini di lewati arus tinggi secara terus menerus atau kondisi kompresor yang terlalu panas, bimetal ini akan terbuka sehingga arus listrik menuju kompresor akan terputus, ketika suhu kompresor sudah mulai turun (tidak terlalu panas) maka bimetal yang terdapat pada overload ini akan menutup kembali sehingga kompresor dapat kembali bekerja. Overload Motor Protector ini biasanya terdapat pada kompresor bersebelahan dengan Terminal SCR. Peletakan Overload ini ada dua macam Internal overload dan External Overload. Pada Internal overload biasa di pasang pada kompresor 2PK keatas sedangkan External overload ini di gunakan untuk kompresor kecil 2PK kebawah. Gambar overload yang ane tampilkan itulah Overload external, kalau yang Internal belum pernah MOTO karena letaknya yang didalam kompresor *repot harus belah duren kompresor * Apabila kompresor dalam keadaan panas secara otomatis overload akan terbuka, sehingga kompresor tidak bekerja jadi hanya kipas outdoor saja yang berputar/jalan alhasil ini mengakibatkan AC tidak bisa dingin karena kompresornya mati tunggu beberapa saat hingga Overload ini menutup kembali, jika overload ini tidak berfungsi ane sarankan ganti saja dengan yang baru jangan di sambung langsung ke Terminal SCR tetap harus melewati overload ini sebagai pengaman. oke.. sekian dulu dan terima kasih

Minggu, 14 Oktober 2012

MODIFIKASI MODUL /BOARD CONTROL UNIT AIR CONDITIONER

MODIFIKASI MODUL /BOARD CONTROL UNIT AIR CONDITIONER
Teknisi ac yg cuma bisa nyeteam dan ngisi freon pusing bukan maen ketika mendapatkan order AC yang berrmasalah dengan pcb atau modul control unitnya.Ujung-ujungnya teknisi memutuskan untuk mengganti pcbnya 1 blok tanpa mau tau apa kerusakan pada pcb ac tersebut.Permasalahannya.........., tidak semua merk pcb ac beredar dipasaran,satu-satunya solusi teknisi ac mengganti dg pcb universal.Soket dan semua terminal mungkin sudah tersedia pada pcb universal,yang bikin bingung teknisi,susunan terminal dan kabel pasti berbeda dg pcb aslinya,soket LINE,NETRAL,COMPRESOR,MOTOR FAN,SWING dll. SEMOGA BERMANFAAT.

Sabtu, 13 Oktober 2012

JENIS MESIN PESAWAT TERBANG

JENIS MESIN PESAWAT TERBANG
Jenis Mesin Pesawat Terbang
Aircraft Engine Types : Turboprop , Turbojet , Turbofan , Turboshaft , Ramjet . Pesawat bisa terbang karena ada gaya dorong dari mesin penggerak (Engine) yang menyebabkan pesawat memiliki kecepatan, dan kecepatan inilah yang di terima sayap pesawat berbentuk aerofoil sehingga pesawat dapat terangkat / terbang. Pemilihan engine didasarkan pada besar kecilnya ukuran pesawat terbang. Adapun jenis-jenis mesin ( Engine ) pesawat terbang adalah sebagai berikut:
1 . TURBOPROP ENGINE
Pada awal perkembangan engine, umumnya pesawat komersial menggunakan sistem penggerak turbo propeller atau yang biasa disebut dengan turboprop. Jenis turbo prop memiliki system tidak jauh berbeda dengan turbo jet, akan tetapi energy ( thrust ) dihasilkan oleh putaran propeller sebesar 85 %, dimana putaran propeller ini digerakkan oleh turbin yang menerima expansi energy dari hasil pembakaran, sisanya 15 % menjadi exhaust jet thrust (hot gas)
Turboprop engine lebih efisien dari pada turbojet, dirancang untuk terbang dengan kecepatan di bawah sekitar 800 km / h (500 mph). Contoh mesin turboprop yang populer antara lain mesin Roll-Royce Dart yang dipakai pada pesawat British Aerospace , Fokker 27 dll
2. TURBOJET ENGINE
Pengembangan mesin penggerak pesawat (Engine) mengalami kemajuan sangat pesat dengan dikembangkannya mesin jenis turbojet , di mana propeller yang berfungsi untuk menghisap udara dan menghasilkan gaya dorong digantikan dengan kompresor bertekanan tinggi yang tertutup casing, mesin menyatu dengan ruang bakar dan turbin engine. Dari gambar di bawah terlihat bagian-bagian dari mesin turbo jet, yang terdiri dari air inlet (saluran udara), sirip compressor rotor dan stator, saluran bahan bakar (Fuel inlet), ruang pembakaran (combuster chamber), turbin dan saluran gas buang (exhaust). Tenaga gaya dorong ( Thrust ) 100 % di hasilkan oleh exhaust jet thrust.
Mesin turbojet adalah mesin jet yang paling sederhana, biasanya dipakai untuk pesawat-pesawat berkecepatan tinggi. Contoh dari mesin ini adalah mesin Roll-Royce Olypus 593 yang digunakan untuk pesawat Concorde. Jenis lain adalah mesin Marine Olympus yang memiliki kekuatan 28.000 hp (daya kuda atau setara dengan 21 MW) yang digunakan untuk menggerakkan kapal perang modern dengan bobot mati 20.000 ton dengan operasi berkecepatan tinggi.
3. TURBOFAN ENGINE
Turbo Fan adalah jenis engine yang termodern sa’at ini yang menggabungkan tekhnologi Turbo Prop dan Turbo Jet. Mesin ini sebenarnya adalah sebuah mesin by-pass dimana sebagian dari udara dipadatkan dan disalurkan ke ruang pembakaran, sementara sisanya dengan kepadatan rendah disalurkan sekeliling bagian luar ruang pembakaran ( by-pass ). Sekaligus udara tersebut berfungsi untuk mendinginkan engine. Tenaga gaya dorong ( Thrust ) terbesar dihasilkan oleh FAN ( baling-baling/blade paling depan yang berukuran panjang ), menghasilkan thrust sebesar 80 % (secondary airflow), dan sisanya 20 % menjadi exhaust jet thrust (hot gas). Sepintas mesin turbo fan ini mirip turbo prop, namun baling-baling depan dari turbo fan memiliki ruang penutup ( Casing / Fan case ).
Mesin / engine yang menggunakan type ini contohnya adalah mesin RB211 yang digunakan pada pesawat Boeing B 747 dan GE CF6-80C2 yang digunakan pada pesawat DC 10 serta P&W JT 9D SERIES . Mesin lain yang menggunakan jenis mesin turbofan adalah Roll-Royce Tay pada pesawat Fokker F-100 (yang dijuluki mesin fanjet), mesin Adour Mk871 yang digunakan pada pesawat tempur type Hawk Mk 100/200 pesawat tempur Jaguar dan Mitshubishi F-1 yang digunakan AU Jepang. Kemudian mesin high by-pass turbofan ini diterapkan juga pada mesin CFM56-5C2 yang dipakai oleh pesawat AIRBUS A340 dan mesin CFM56-3 yang dipakai pada Boeing B-737 serie 300, 400 dan 500 yang merupakan produk bersama antara GE dengan SNECMA dari Perancis. Pada pesawat militer, mesin turbofan yang diterapkan antara lain pada mesin TF39-1C yang dipakai pada pesawat angkut raksasa C-5GALAXI, kemudian GE F110 yang dipakai pada F-16.
4. RAMJET ENGINE
Ramjet merupakan suatu jenis mesin (engine) dimana apabila campuran bahan bakar dan udara yang dipercikkan api akan terjadi suatu ledakan, dan apabila ledakan tersebut terjadi secara kontinyu maka akan menghasilkan suatu dorongan (Thrust). Mesin Ramjet terbagi atas empat bagian, yaitu: saluran masuk (nosel divergen) bagian untuk aliran udara masuk, ruang campuran merupakan ruang campuran antara udara dan bahan bakar supaya bercampur secara sempurna, combustor merupakan ruang pembakaran yang dilengkapi dengan membran,yang mana berfungsi untuk mencegah tekanan balik, saluran keluar (nosel konvergen) yang berfungsi untuk memfokuskan aliran thrust, menahan panas dan meningkatkan suhu pada combustor.
Technology ram jet ini umumnya dikembangkan pada roket / pesawat ulang alik. Pesawat tanpa awak X-43A ini memanfaatkan mesin scramjet yang di masa mendatang akan dipakai juga pada pesawat ulang alik. Adapun keistimewaan dari x-434 ini adalah digunakannya mesin scramjet (supersonic combustible ramjet). Scramjet menggunakan teknologi baru yang membakar hidrogen bersama dengan oksigen yang diambil dari udara. Oksigen tersebut dihisap dan dipancarkan lagi dengan kecepatan sangat tinggi.
5. TURBOSHAFT ENGINE
Mesin Turboshaft sebenarnya adalah mesin turboprop tanpa baling-baling. Power turbin-nya dihubungkan langsung dengan REDUCTION GEARBOX atau ke sebuah shaft (sumbu) sehingga tenaganya diukur dalam shaft horsepower (shp) atau kilowatt (kW).
Jenis mesin ini umumnya digunakan untuk menggerakkan helikopter , yakni menggerakan rotor utama maupun rotor ekor (tail rotor) selain itu juga digunakan dalam sektor industri dan maritim termasuk untuk pembangkit listrik, stasiun pompa gas dan minyak, hovercraft , dan kapal . Contoh mesin ini adalah GEM/RR 1004 bertenaga 900 shp yang diterapkan pada helikopter type Lynx dan mesin Gnome 1.660 shp (1.238 kW) pada helicopter Sea King. Sedangkan versi Industri lain adalah mesin pembangkit listrik 25-30 MW Roll-Royce RB 211 dengan 35.000-40.000 shp.
SEMOGA BERMANFAAT.

Selasa, 09 Oktober 2012

Pengenalan dasar-dasar pesawat terbang RC

Pengenalan dasar-dasar pesawat terbang RC
Seorang beginner / pemula harus memahami konsep dasar terbang. Sebenarnya teori-teori tentang fisika penerbangan banyak buku yang membahasnya. Namun sering terjadi antara buku yang satu dengan buku yang lain terjadi konfik dan adu argument sendiri tentang bagaimana sebenarnya pesawat bisa terbang. Tapi dari semua buku yang ada, saya menemukan satu prinsipal yang bisa di terima tentang bagaimana daya angkat pada pesawat bisa terjadi, yaitu dengan terjadinya tekanan udara dibagian bawah pesawat yang lebih besar daripada tekanan yang berada di atas sayap.
Lift Diagram menunjukan beberapa bagian bagian dasar dari sebuah sayap. basic basic ini juga berlaku pada pesawat remote control
Airfoil : Bentuk sayap ketika di lihat dari samping. biasanya berbentuk seperti tetes air
angle of attack : Sudut pada sayap untuk membelah udara pada saat terbang, semakin sudut bertambah akan semakin mengapung tapi akan menghasilkan hambatan pada laju pesawat sesuai dengan sudut yang digunakan.
Chord Line : garis antara the leading edge dan the trailing edge pada airfoil
Direction of Flight : arah terbang sayap pada waktu di udara.
Leading Edge : bagian ujung muka pada sayap
Trailing Edge: bagian ujung belakang pada sayap
ada 4 gaya utama yang terjadi pada waktu pesawat dalam kondisi terbang : thrust, lift, drag dan weight.
thrust terjadi karena kombinasi mesin dengan propller yang menyebabkan pesawat bergerak maju. drag merupakan gaya hambatan yang terjadi pada waktu pesawat bergerak maju. weight merupakan gaya berat yang terjadi karena pengaruh grafitasi untuk menjaga agar kecepatan tetap konstan, maka antar gaya thrust dan drag harus sama. untuk menjaga ketinggian pesawat gaya lift dan weight harus sama
Lift bertambah tergantung oleh bertambahnya kepadatan udara yang melintas dibawah sayap,atau karena pertambahan angle of attack selama aliran udara yang melewati sayap tetap mulus. Pesawat di katakan terbang dengan baik apabila antara gaya angkat (lift) dan berat sama (weight)
pada pesawat, selain gaya gaya yang terjadi di atas, terdapat pula 3 gaya tambahan yang terjadi akibat perubahan gari pergerakan sistem kendali pesawat. the yaw atau vertical axis terjadi karena rudder, the pitch atau lateral axis terjadi karena elevator, dan the roll atau longitudinal axis terjadi karena ailerons. gaya yang terbentuk baik secara individual ataupun gabungan, akan menyebabkan perpindahan atau perubahan arah pesawat.
ketika rudder bergerak ke kanan, maka pesawat akan bergerak berputar ke kanan. ketika elevator bergerak naik, maka pesawat akan bergerak menambah ketinggian Aileron bergerak berkebalikan, ketika aileron kiri bergerak naik, maka aileron kanan bergerak turun, dan pesawat akan berbesok ke kiri.
SEMOGA BERMANFAAT.

Senin, 08 Oktober 2012

Time Delay Relay (TDR)

Time Delay Relay (TDR)
Relay timer atau relay penunda batas waktu banyak digunakan dalam instalasi motor terutama instalasi yang membutuhkan pengaturan waktu secara otomatis. Peralatan kontrol ini dapat dikombinasikan dengan peralatan kontrol lain, contohnya dengan MC (Magnetic Contactor), Thermal Over Load Relay, dan lain-lain. Fungsi dari peralatan kontrol ini adalah sebagaii pengatur waktu bagi peralatan yang dikendalikannya. Timer ini dimaksudkan untuk mangatur waktu hidup atau mati dari kontaktor atau untuk merubah sistem bintang ke segitiga dalam delay waktu tertentu.
Timer dapat dibedakan dari cara kerjanya yaitu timer yang bekerja menggunakan induksi motor dan menggunakan rangkaian elektronik. Timer yang bekerja dengan prinsip induksi motor akan bekerja bila motor mendapat tegangan AC sehingga memutar gigi mekanis dan memarik serta menutup kontak secara mekanis dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan relay yang menggunakan prinsip elektronik, terdiri dari rangkaian R dan C yang dihubungkan seri atau paralel. Bila tegangan sinyal telah mengisi penuh kapasitor, maka relay akan terhubung. Lamanya waktu tunda diatur berdasarkan besarnya pengisisan kapasitor.Bagian input timer biasanya dinyatakan sebagai kumparan dan bagian outputnya sebagai kontak NO atau NC. Kumparan pada timer akan bekerja selama mendapat sumber arus. Apabila telah mencapai batas waktu yang diinginkan maka secara otomatis timer akan mengunci dan membuat kontak NO menjadi NC dan NC menjadi NO.
Pada umumnya timer memiliki 8 buah kaki yang 2 diantaranya merupakan kaki koil sebagai contoh pada gambar yaitu kaki 2 dan 7, sedangkan kaki yang lain akan berpasangan NO dan NC, kaki 1 akan NC dengan kaki 4 dan NO dengan kaki 3. Sedangkan kaki 8 akan NC dengan kaki 5 dan NO dengan kaki 6. Kaki kaki tersebut akan berbeda tergantung dari jenis relay timernya.
SEMOGA BERMANFAAT.

Push Button

Push Button
Push Button merupakan suatu jenis saklar yang banyak dipergunakan dalam rangkaian pengendali dan pengaturan. Saklar ini bekerja dengan prinsip titik kontak NC atau NO saja, kontak ini memiliki 2 buah terminal baut sebagai kontak sambungan. Sedangkan yang memiliki kontak NC dan NO kontaknya memiliki 4 buah terminal baut. Push button akan bekerja bila ada tekanan pada tombol dan saklar ini akan memutus atau menghubung sesuai dengan jenisnya. Bila tekanan dilepas maka kontak akan kembali ke posisi semula karena ada tekanan pegas.
Push Button pada umumnya memiliki konstruksi yang terdiri dari kontak bergerak dan kontak tetap. Dari konstruksinya, maka push button dibedakan menjadi beberapa tipe yaitu:
A. Tipe NO
Tombol ini disebut juga dengan tombol start karena kontak akan menutup bila ditekan dan kembali terbuka bila dilepaskan. Bila tombol ditekan maka kontak bergerak akan menyentuh kontak tetap sehingga arus listrik akan mengalir.
B. Tipe NC
Tombol ini disebut juga dengan tombol stop karena kontak akan membuka bila ditekan dan kembali tertutup bila dilepaskan. Kontak bergerak akan lepas dari kontak tetap sehingga arus listrik akan terputus.
C. Tipe NC dan NO
Tipe ini kontak memiliki 4 buah terminal baut, sehingga bila tombol tidak ditekan maka sepasang kontak akan NC dan kontak lain akan NO, bila tombol ditekan maka kontak tertutup akan membuka dan kontak yang membuka akan tertutup.
SEMOGA BERMANFAAT.
1.Hindarkan botol asetilin ini dari botol oksigen
2.Lindungi botol asetilin ini dari terik matahari dan panas
3.Usahakan jangan sampai jatuh atau kejatuhan benda lain
4.Hindarkan dari tempat-tempat yang berminyak
5.Pemakaian gas harus selalu melalui regulator
6.Bukalah regulatornya bila tidak digunakan
7.Jangan merubah tanda-tanda yang ada pada regulator
8.Tempatkan silinder ini berdiri tegak
9.Bila silinder asetilin tiba-tiba menjadi panas, segeralah tutup katup
silindernya, kemudian siramlah dengan air sampai dingin
10.Dilarang merokok selama berdekatan dengan asetilin

Minggu, 07 Oktober 2012

Mengenal ABS Sistem Rem Anti Terkunci

Mengenal ABS Sistem Rem Anti Terkunci
Anti-Lock Breaking System atau lazim disebut ABS dan pengertian paling sederhana tentang ABS adalah sistem rem anti terkunci. Sistem ini bekerja pada pengereman mobil untuk mencegah terjadi penguncian pada roda saat situasi terjadi pengereman mendadak, terutama untuk mempermudah pengendalian pada saat pengereman panik atau pengereman di jalan yang licin. ABS bekerja menggunakan sensor saat roda mengunci setelah terjadinya pengereman mendadak. Saat sensor membaca ada roda yang mengunci, sensor akan memberi perintah kepada piston rem untuk mengendur dan mengencang kembali saat roda berputar. Proses itu berlangsung sangat cepat, mampu mencapai 15 kali setiap detik. Hasilnya, mobil dapat dikendalikan dan jarak pengereman makin efektif. Perlu diingat, fungsi utama rem adalah mengurangi putaran roda, bukan sebagai alat penghenti kendaraan. Mobil tanpa fitur ABS akan tetap meluncur meskipun sudah menginjak rem dan roda sudah berhenti berputar, karena terdapat gaya sentrifugal. Bahaya yang ditimbulkan dari gaya sentrifugal akan melempar mobil lurus ke depan, dengan catatan kemudi juga dalam keadaan lurus. Tapi bila kemudi sedang dalam keadaan berbelok, hasilnya mobil bisa tak terkendali dan terbalik. ABS diciptakan untuk mengurangi gaya sentrifugal.
Saat melakukan pengereman sampai roda mengunci maka sensor kecepatan akan mengirimkan sinyal ke control unit untuk membuka katup bypass. Katup bypass akan terbuka untuk mengurangi tekanan rem pada roda yang mengunci roda akan berputar kembali, karena roda berputar kembali maka katup by pass akan tertutup lagi sehingga tekanan pada rem akan kembali seperti semula. Jika roda kembali terkunci maka siklus tadi akan berulang. Dan dirasakan pedal rem terasa bergetar oleh pengemudi. SEMOGA BERMANFAAT.

Melihat Lebih Dalam Komponen Notebook (Netbook)

Melihat Lebih Dalam Komponen Notebook (Netbook) Mengoprek Bagian Dalam Netbook
Sebelum sedikit saya perlihatkan bagian dalam sebuah Netbook, ada baiknya Anda ketahui apa itu Netbook. Netbook berbeda dengan Notebook dilihat dari sisi ukuran dan fungsinya. Seperti yang sudah umum diketahui, Notebook merupakan versi mobile dari sebuah Desktop PC, jadi fungsi dan kemampuannya masih dapat disejajarkan dengan desktop PC. Sedangkan Netbook merupakan Notebook dengan ukuran lebih kecil, lebih hemat daya, dan memiliki kemampuan dibawah notebook. Umumnya sebuah netbook memiliki ukuran layar dari 10 inchi hingga 5 inchi, dan dengan fungsi utama untuk keperluan internet dan office ringan. Netbook memang didesain untuk menerapkan teknologi Cloud Computing dimasa yang akan datang. Anda penasaran apa itu Cloud Computing??? Cloud Computing merupakan sebuah era dimana nanti untuk semua aplikasi, baik itu aplikasi office, grafis, maupun multimedia dikerjakan melalui internet, jadi tidak perlu dipusingkan lagi harus membeli dan menginstal software-software tersebut di dalam komputer Anda. Untuk lebih jelasnya, nanti akan saya bahas secara lengkap mengenai Cloud Computing. Komponen-komponen yang ada di dalam sebuah netbook/notebook sama dengan komponen-komponen yang ada di dalam sebuah desktop PC. Komponen itu terdiri dari, Mainboard/Motherboard, Processor, Internal Graphic, Memory Module, Harddisk, LAN Card, Wifi, dan aksesoris tambahan lain seperti Bluetooth, Infrared, MMC adaptor dan lain sebagainya. Kali ini akan saya ajak Anda untuk melihat bagian dalam sebuah netbook. Netbook merek Axioo Pico milik saya sendiri, karena memang dasarnya saya serba ingin tahu, jadi tuh netbook saya bongkar saja sekalian dibersihkan. Sebelumnya saya juga pernah membongkar sebuah Laptop/Notebook milik saya juga (sekitar 3 tahun yang lalu deh). Ya, namanya penasaran dan ingin belajar, jika rusak ya resiko sendiri..he…, hal ini tidak saya sarankan bagi Anda yang belum paham betul tentang hardware. Berikut adalah gambar secara utuh bagian dalam sebuah Netbook, akan saya jelaskan berdasarkan urutan nomornya. Silahkan klik gambar untuk memperbesar!
1. Networking Device Pada bagian ini terdapat 3 komponen utama, yaitu LAN Card, Wireless Card, Chipset VGA. Nampak pada bagian luar adalah Wireless Card (wifi 802.11b/g), dan LAN Card serta VGA berada dibagian dalamnya (posisinya tertutup oleh Wireless Card). Lihat Gambar!
2. MMC Adaptor Bagian ini untuk adaptor berbagai jenis kartu memori seperti MMC, SD Card, memory M2, miniSD, ProDuo Stick. Jadi adaptor ini dapat Anda gunakan untuk memasukkan memory card untuk transfer data, baik memory hape atau gadget lainnya.
3. Speaker Bagian ini untuk keperluan Audio Anda. Speaker seadanya dengan suara yang cempreng seperti suara loudspeakernya handphone. Terdapat 2 buah speaker, di pojok kiri dan pojok kanan. 4. Harddisk Bagian ini adalah harddisk tempat Anda menyimpan data. Harddisk ini memiliki kapasitas 160 GB. Jenis harddisknya sama dengan harddisk pada laptop dan harddisk portable. Bagian ini dapat Anda upgrade dengan mengganti harddisk tersebut dengan ukuran yang lebih besar. Harddisk merek Seagate dengan putaran 5400rpm.
5. Baterai CMOS dan BIOS Bagian ini adalah baterai CMOS dan dibawahnya adalah chipset BIOS. Fungsi baterai CMOS dan BIOS dapat Anda baca di blog ini.
6. Baterai Konektor Bagian ini adalah konektor power untuk mendapatkan aliran listrik dari baterai. Tanpa baterai Anda masih bisa menggunakan adapator dari listrik secara langsung.
7. Integrated Memory Module Bagian ini adalah module memory DDR2 yang terintegrasi didalam mainboard. Jadi memory sebesar 1 GB dengan jenis DDR2 PC 5300 sudah tertanam langsung pada mainboard, bukan berupa kepingan memory yang selama ini kita kenal.
8. Slot Memory Bagian ini merupakan sebuah slot memory dan digunakan untuk menambahkan (upgrade) sebuah modul memory DDR2. Untuk netbook jenis ini besar memory maksimal yang dapat ditanamkan adalah 2 GB. Jadi Anda bisa mengupgrade dan menambahkan satu buah keping memory laptop (SODIMM) sebesar 1 GB, sehingga total menjadi 2GB.
9. Processor Bagian ini adalah tempat bernaungnya processor Intel Atom. Ternyata processor Intel Atom ini tanpa tempat dudukan (slot processor), jadi processor langsung tertanam pada mainboard. Berbeda dengan laptop yang dulu saya bongkar, processor Intel Core Duo masih dapat dilepas karena memang ada dudukan processornya. Bagian yang berwarna perak dan menutupi processor adalah heatsink yang berfungsi untuk mendinginkan processor (bagian ini tidak bisa saya lepas karena sudah paten).
10 & 13. Chipset Intel GMA 945 Bagian ini adalah chipset mainboard intel GMA 945 Express Chipset. Otak dari mainboard yang mengendalikan semua kerja mainboard. Terdapat 2 buah chipset, Northbridge dan Southbridge. Keterangan ini untuk nomor 10 dan nomor 13.
11. Display & Power Connector Bagian ini merupakan konektor untuk menghubungkan mainboard dan layar LCD netbook. Pada bagian ini juga terdapat konektor power adaptor.
12. Kipas Pendingin (FAN Cooling) Bagian ini adalah kipas pendingin yang berfungsi untuk membuang panas di dalam netbook menuju keluar. Kipas pendingin ini letaknya bukan diatas processor, karena fungsinya hanya untuk membuang panas, dan pendingin processor hanya mengandalkan heatsink yang berwarna perak.
Mohon maaf jika gambar yang ada kurang begitu jelas dan tampak blur, karena gambar saya ambil dengan menggunakan kamera handphone..peace!!! Itulah komponen-komponen yang ada di dalam sebuah netbook. Memang tidak seperti komponen-komponen yang ada pada desktop PC, ukurannya lebih kecil karena memang diperuntukan untuk keperluan mobile. Paling tidak, setelah Anda mengetahui komponen-komponen yang ada di dalam netbook atau notebook, Anda dapat memperbaiki notebook/netbook yang mengalami gangguan. ^_^ Tambahan Neh!!!
SEMOGA BERMANFAAT.